Apa itu Paypal? Bagaimana cara mendaftar dan membuat akun di Paypal?

Blog koin_online sudah lama tidak posting artikel ya.. Kali ini saya update artikel di blog ini, dan saya ingin share tentang  “Apa itu Paypal? Bagaimana cara mendaftar dan membuat akun di paypal?”. Sebenernya di artikel lama blog ini, saya pernah membahas tentang "Rekening Online Paypal", tapi saat itu tidak lengkap saya menjabarkannya. Sementara di dunia internet ini masih banyak orang yang bertanya-tanya apa itu Paypal? Dan Bagaimana cara mendaftar  serta membuat akun di Paypal? Ok langsung aja…



Apa itu Paypal?

Paypal adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, Paypal bisa berfungsi seperti halnya transfer metode lama yang menggunakan kertas seperti cek dan wesel pos. Bisa juga kita sebut Paypal adalah Rekening Virtual, yang dapat digunakan dalam bertransaksi secara online. Atau bisa dikatakan juga bahwa Paypal itu merupakan salah satu payment processor  atau alat pembayaran online alias sebuah perusahan pihak ketiga yang dapat digunakan seseorang atau pedagang untuk bertransaksi secara online.

Saya sendiri menggunakan paypal untuk menerima pembayaran dari hasil kerja online saya, yaitu dari situs-situs yang memberi dolar atau euro pada membernya seperti situs survey online, ppc, ptc, dan lain-lain seperti di postingan saya yang berjudul "cara mendapatkan uang gratis dari internet"

Kelebihan Paypal
Dengan flesibelitasnya, Paypal dapat dihubungkan dengan rekening Bank dan juga Kartu Kredit pelanggan/nasabahnya. Dimana pelanggan Paypal dapat mengisi saldo dan menarik uang yang ada di rekening Paypal mereka dengan/ke rekening bank ataupun kartu kredit mereka. Ada lebih dari 100 jenis mata uang yang terdapat di Paypal untuk transaksi pembayaran, 57 jenis mata uang untuk penarikan uang dari rekening Paypal ke rekening Bank, dan 26 jenis mata uang untuk balance hold di Paypal.

Jadi Paypal itu membantu mengirim uang tanpa berbagi informasi keuangan, sehingga transaksi menggunakan Paypal itu lebih aman, jika dibandingkan menggunakan Kartu Kredit. Saya sendiri sudah sering menggunakan paypal untuk menerima pembayaran dari hasil kerja online yang sebagiannya telah saya rekomendasikan di blog koin_online ini, withdraw atau tarik uang di rekening Paypal saya ke rekening bank sayapun sudah beberapa kali, alhamdulillah mudah dan cepat prosesnya.

Umm walaupun di Internet sendiri sudah banyak payment processor yang tersedia selain Paypal, (Payza (Alertpay), Perfect Money, Liberty Reserve, Okpay dll), tapi saya lebih memilih menggunakan Paypal, disamping karena situs kerja online yang saya ikuti memang kebanyakan menggunakan Paypal dalam pembayarannya, juga karena memang Paypal ini lebih mudah dalam proses withdrawnya yang langsung ke rekening bank saya, sementara rata-rata payment processor lainnya harus melaui perantara lagi.

Cara Daftar dan Buat Akun di Paypal
Lalu bagaimana cara mendaftar dan membuat akun di Paypal? Berikut langkah-langkahnya..

1. Silahkan kunjungi situs Paypal

Daftar dan buat akun di Paypal itu gratis, syaratnya bro dan sist sudah berumur 18 tahun, memiliki alamat email dan rekening di bank lokal.


2. Lalu klik "daftar sekarang" yang ada di halaman Paypal tersebut
3. Bro dan sist akan masuk ke halaman "Buat Rekening Paypal Anda"



4. Lalu akan ada 3 pilihan akun, silahkan pilih sesuai kebutuhan bro dan sist.
Ketiganya memiliki fungsi, manfaat serta syarat masing-masing.
5. Masukan informasi bro dan sist di kotak yang tersedia

- Alamat email dan pasword : alamat email dan pasword ini akan digunakan saat bro dan sist log in/masuk   ke akun paypal bro dan sist. Isikan pasword dengan kombinasi huruf dan angka minimal 8 karakter.
- Nama depan, tengah dan belakang: isikan nama bro dan sist sesuai nama yang tertera di rekening bank bro dan sist. Jika nama bro dan sist hanya 2 suku kata maka isikan hanya pada nama depan dan belakang, sedangkan jika nama bro dan sist hanya 1 suku kata, maka isikan nama depan lalu nama belakang diisi dengan tanda "koma" (,).
- Isikan juga tanggal lahir dan lain-lainnya, jika telah lengkap maka klik "setuju buat rekening"





6. Jika telah sukses mendaftar Paypal, maka bro dan sist akan menerima email konfirmasi untuk mengaktifkan akun Paypal, silahkan cek email bro dan sist yang tadi di masukkan dalam pendaftaran Paypal, lalu cek email dari "service@intl.paypal.com". Jika email tersebut belum masuk, maka bro dan sit dapat meminta kode konfirmasinya, yaitu dengan cara mengklik "konfirmasi alamat email" yang ada di halaman akun Paypal bro dan sist, nanti akan dikirimkan kode konfirmasinya.
7. Selanjutnya bro dan sist akan diminta untuk membuat pertanyaan keamanan, 2 pertanyaan beserta jawabannya. Tentu saja ini diperlukan untuk memproteksi akun bro dan sist, seperti jika lupa pasword Paypal, 2 pertanyaan keamanan ini akan di tanyakan. Jadi ingat atau simpan baik-baik dua pertanyaan keamanan dan jawabannya ini.

Dan akhirnya selesai deh.. akun Paypal bro dan sist pun telah jadi dan aktif. Disini bro dan sist sudah bisa menerima uang, seperti misalnya dari hasil kerja online atau pembayaran dari bisnis online yang bro dan sist miliki. Tapi.. bro dan sist belum bisa mentransfer uang ke rekening paypal lain atau menarik uang yang ada di rekening Paypal bro dan sist, karena akun Paypal bro dan sist belum terverifikasi.

Bagaimana cara memverifikaasi paypal? Untuk bro dan sist yang punya kartu kredit tentu bisa langsung memasukkan data kartu kreditnya untuk verifikasi Paypal, tapi bagi yang tidak memang harus sedikit berusaha kontak pihak Paypalnya dan menunggu. Sebenarnya jaman saya dulu, verifikasi Paypal itu mudah sekali, cukup dengan memasukkan data bank saja akun Paypal saya bisa langsung terverifikasi (saya juga pernah buat artikelnya di blog ini yang berjudul "verifikasi paypal tanpa kartu kredit dan vcc"), namun sekarang tidak semudah itu. Tapi dari hasil searching di Internet ada ko cara verifikasi Paypal gratis tanpa kartu kredit dan vcc (virtual credit card), pembahasan tentang itu lain kali akan saya share di blog ini..

Ok selamat menggunakan akun Paypal bro dan sist..

Komentar

  1. terimakasih untuk penjelasan tentang Paypal dan cara daftar Paypalnya, membantu bagi orang yang belum tahu tentang Paypal.. salam blogger

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di blog ini. Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai dengan isi artikel blog koin_online. komentar spam akan saya hapus atau tidak akan tersemat di postingan koin_online.. Terimakasih...

Postingan populer dari blog ini

Mylot, situs komunitas (forum) yang membayar membernya

Pembayaran ke 6 dari Triond

friendsgear social network yang pay membernya juga...